Tunggu...Klik tombol SKIP untuk melewati halaman ini ...

Calon Penerima BLT Via BNI Wajib Tahu! Berkas Supaya Bantuan BPUM Bisa Cair


Program Banpres Produktif Usaha Mikro atau disingkat BPUM merupakan program bantuan yang diberikan kepada para pemilik UMKM di seluruh Indonesia. Kabar gembiranya penerima pada tahun lalu juga bisa mendapatkan kembali bantuan pada tahun ini. Dan bagi pelaku UMKM yang di tahun sebelumnya belum mendapatkan BPUM juga bisa mandaftarkan diri untuk bisa mendapatkannya.

Bantuan sosial ini akan diberikan kepada kurang lebih 12,8 juta pelaku usaha dengan nominal dana Rp 1,2 juta per usaha dengan harapan agar bantuan ini dapat digunakan untuk menjalankan usaha baik untuk menambah modal atau untuk keperluan promosi usaha mereka dan pemasaran produk UMKM.

Syarat untuk mendapatkan bantuan UMKM yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk mendaftar harus Anda penuhi sebagai calon penerima bantuan sosial ini. Apa syarat-syaratnya? Berikut info lengkapnya; Pemilik atau pelaku UMKM merupakan warga negara Indonesia (WNI). Pelaku harus memiliki usaha mikro, kecil, atau menengah dan memiliki nomor induk kependudukan (NIK).

Ada beberapa kriteria yang tidak bisa mendapatkan bantuan UMKM yaitu Prajurit TNI, Pegawai Negeri Sipil (PNS), karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan daerah (BUMD).

Hal lainnya yang menyebabkan bantuan UMKM tidak dapat diberikan/tidak disetujui adalah usaha tersebut sedang tidak didanai atau mendapatkan kredit dari bank atau kredit usaha rakyat (KUR). Pelaku UMKM yang alamat kartu tanda penduduk (KTP) dengan alamat tempat usahanya berbeda maka harus memiliki surat keretangan usaha atau SKU yang diterbitkan oleh pihak terkait.

Apabila anda terdaftar sebagai penerima BLT UMKM yang cair melalui BNI, maka harap segera datang ke bank BNI terdekat untuk mencairkan BPUM Rp1,2 juta. Berikut adalah beberapa berkas yang perlu disiapkan untuk mencairkan bantuan BPUM Rp1,2 juta di bank BNI:

1. Buku tabungan

2. Kartu ATM

3. Kartu identitas diri atau eKTP

4. Surat Pernyataan, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), dan/kuasa penerimaan dana banpres

5. Notifikasi pemberitahuan penerima Banpres Produktif ( BPUM) sendiri tidak hanya terbatas pada mereka yang telah memiliki rekening BNI.

Nah itulah info penting banget yang harus anda ketahui apabila sedang mempersiapkan permohonan untuk menjadi salahsatu penerima BLT yang telah diprogramkan oleh pemerintah.