Tunggu...Klik tombol SKIP untuk melewati halaman ini ...

Persyaratan Agar Dapat Menerima BLT Subsidi Gaji (BSU)


Informasi ini sangat penting bagi anda yang sedang menantikan BLT Subsidi Gaji atau BSU. Mungkin diantara anda semua ada yang kebingungan tidak tahu hal apa saja yang menjadi syarat agar mendapatkan bantuan tunai tersebut, lumayan untuk nambah-nambah modal usaha anda atau untuk keperluan lainnya mengingat betapa serba sulitnya mengatur roda perekonomian keluarga di tengah-tengah pandemi ini.

Bantuan ini dikhususkan untuk para pekerja yang memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan oleh pemerintah, bagi mereka yang memenuhi syarat maka akan berhak mendapatkan BLT Subsidi Gaji atau BSU ini. Pemerintah sudah menetapkan maksimal ambang gaji calon penerima BLT subsidi gaji atau BSU ini, sehingga tidak semua karyawan bisa mendapatkannya terutama mereka yang bergaji tinggi.

Calon penerima BLT Subsidi gaji pastinya harus memiliki rekening bank karena nantinya bantuan tersebut akan disalukan melalui beberapa bank yang telah ditunjuk oleh Kemnaker. Beberapa bank tersebut adalah bank yang tergabung dalam Himbara yaitu BRI, BNI, BTN, dan Mandiri.

Jika tidak memiliki rekening bank yang tergabung dalam Himbara maka tidak perlu berkecil hati karena bisa juga menggunakan rekening selain pada bank Himbara, penyaluran juga akan dilakukan ke beberapa bank yang lain seperti bank BCA dan BSI khusus untuk wilayah Aceh.

Bagi pekerja atau karyawan yang tidak memiliki rekening di beberapa bank tersebut tidak perlu khawatir. Sebab dapat melaporkan pada perusahaan agar nantinya dibuatkan rekening kolektif (rekol).

Adapun besaran bantuan yang akan diterima para pekerja mencapai jumlah Rp 1 juta per pekerja, yang mana jumlah tersebut rencananya akan diberikan secara berkala dalam 2 bulan, sehingga tiap bulannya akan mendapatkan Rp500 ribu.

Untuk mengetahui penerima BLT Subsidi Gaji, pekerja yang merasa telah memenuhi persyaratan di atas dapat melakukan cek melalui laman yang disediakan Kemnaker di Kemnaker.go.id atau melalui laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi pekerja yang akan menerima BLT Subsidi Gaji atau BSU adalah:

1. Merupakan Warga Negara Indonesia atau WNI.

2. Peserta program BPJS Ketenagakerjaan.

3. Memiliki gaji maksimal Rp3,5 juta per bulan.

4. Bekerja pada wilayah yang menerapkan aturan PPKM Level 4 dan Level 3.

5. Bekerja pada beberapa sektor seperti industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, dan perdagangan, serta jasa.

Jika semua persyaratan diatas terpenuhi maka pekerja tersebut berhak mendapatkan BLT subsidi gaji atau BSU sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.