Financial

Bahaya Melakukan Pinjaman Online Yang Harus Anda Ketahui

Bahaya Melakukan Pinjaman Online Yang Harus Anda Ketahui – Berita tentang pinjol ilegal ini seperti tidak ada habisnya, bahkan hampir setiap hari selalu ada berita pinjol ilegal.

Hal ini bisa disebabkan karena keresahan masyarakat terkait tindakan intimadasi dari pinjol ilegal ketika menagih utang, bahkan masyarakat yang tidak meminjam uang pun suka mendapat teror dari pinjol ilegal.

tentu hal inilah yang membuat masyarakat geram dengan kehadiran pinjol ilegal.

Bahkan di daerah Wonogiri, jawa tengah, ada seorang ibu rumah tangga yang frustasi dengan hutangnya terhadap pinjol, sehingga melakukan tindakan bunuh diri.

Bahkan pihak SWI (Satgas Waspada Investasi) untuk bulan agustus 2021 saja, mencatat sebanyak 22.986 terkait pengaduan pinjaman online dari masyarakat.

Walaupun pinjaman online ilegal ini sudah dilarang oleh pemerintah, akan tetapi sampai sekarang masih berkeliaran di masyarakat.

Untuk itu Anda harus berhati – hati, jangan sampai tergoda untuk melakukan pinjaman online ilegal.

Karena banyak sekali efek negatif dari pinjaman online ilegal ini, Ntah dari suku bunga yang tinggi, atau cara penagihan dari debt collector yang sangat kasar.

Supaya Anda mengetahui terkait dampak negatif dari pinjaman online ilegal, dibawah ini kami akan jelaskan terkait bahaya melakukan pinjaman online.

  1. Bunga Yang Tinggi

Pinjaman Online ini menerapkan bunga yang sangat tinggi, bahkan melebihi bunga bank.

Jika bunga bank saja pertahun nya hanya 12-13 %, sedangkan bunga pinjol perharinya mencapai 4%.

Angka yang cukup tinggi, Karena jika Anda bisa melunasi nya dalam jangka waktu 10 hari saja, maka bunga yang diterima saja sudah 40%, belum potongan administrasi dan lain – lain.

Setelah mengetahui ini Anda harus sadar, supaya tidak melakukan pinjaman online. Karena seperti yang sudah Kita ketahui, hukum bunga saja sudah haram, mau kecil ataupun besar.

2. Biaya Administrasi Yang Cukup Besar

Tak hanya bunga saja yang besar, biaya administrasi untuk proses pencairan dananya pun terbilang sangat besar.

Bahkan beberapa aplikasi pinjaman online ada yang menerapkan biaya administrasi hingga 30%, Angka yang sangat besar.

Bayangkan saja jika Anda meminjam uang 1 jt, uang yang Anda dapatkan hanya 700 ribu, jika biaya administrasi saja 30%.

Belum lagi bunga harian yang mencapai 4% perhari.

3. Tenor Pembayaran Singkat

Bisa dikatakan hampir semua pinjaman online memiliki tenor yang singkat, terutama pinjol ilegal, hanya hitungan hari saja.

Hal ini tentu sangat merugikan orang yang meminjam, karena Anda harus memutar otak untuk membayar pokok dan bunga pinjaman.

Sedangkan normalnya saja seseorang mendapatkan upah 1 bulan sekali. Apabila harus membayar hutang dalam jangka waktu 7 hari, tentu orang itu akan kelabakan untuk membayarnya.

4. Dapat Mengakses Data Pribadi

Ketika Anda melakukan pinjaman online melalui aplikasi, biasanya sebelum meminjam akan ada TOS terkait data – data yang bisa di akses oleh aplikasi pinjol.

Hal inilah yang sering diabaikan oleh masyarakat, mereka jarang melihat TOS aplikasi yang bisa mengakses data Kita.

Data inilah yang akan dilakukan oleh pihak pinjol untuk disebarkan ke medsos atau teman – teman Kita, jika proses pembayaran utang macet.

5. Penagihan Dengan Teror dan Intimidasi

Salah satu cara yang sering dilakukan oleh pinjol untuk menagih hutangnya adalah dengan teror dan intimidasi.

Hal inilah yang membuat masyarakat resah dan ketakutan, karena proses penagihan yang dilakukan oleh mereka tidak etis.

6. Tidak Berizin dan Tidak Dilindungi Oleh OJK

Kebanyakan dari Pinjol Ilegal, mereka tidak mempunyai ijin untuk mendirikan perusahaan, sehingga mereka membuat usaha secara ilegal tanpa diketahui oleh pemerintah.

Tentu hal ini sangat merugikan masyarakat yang meminjam kepada pinjol ilegal, karena jika mereka tidak dapat mengadu ke pihak OJK jika mendapatkan teror atau intimidasi.

Sehingga salah satu cara yang paling baik adalah dengan tidak meminjam ke pinjaman online, untuk menghindari hal – hal di atas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Halaman ini merupakan informasi tambahan untuk referensi pencarian user

Copyright © 2021

To Top