Financial

Cara Mengetahui Pinjaman Online Yang Terindikasi Ilegal

Cara Mengetahui Pinjaman Online Yang Terindikasi Ilegal – Walaupun pemerintah sudah melakukan upaya untuk memblokir pinjaman online yang terdeteksi ilegal, akan tetapi hal itu tak dapat membendung aplikasi ini.

Bahkan kian hari, aplikasi pinjaman online ilegal semakin berkembang pesat.

Walaupun untuk suku bunganya terbilang tinggi, tapi hal itu tidak berpengaruh terhadap masyarakat yang sedang kepepet membutuhkan uang.

Rata – rata, target dari Pinjol ilegal ini adalah masyarakat menengah ke bawah dan orang yang sedang kepepet membutuhkan uang.

Karena prosesnya yang terbilang begitu cepat, hanya hitungan menit saja. Sehingga banyak yang tertarik untuk melakukan pinjaman di aplikasi pinjol.

Walaupun begitu, Pinjol ilegal bukan lah suatu solusi dalam meminjam uang, sekalipun dalam keadaan sedang membutuhkan uang.

Untuk itu, Anda harus menghindari peminjaman terhadap pinjol ilegal.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari pinjol ilegal adalah dengan mengetahui ciri – cirinya.

Karena sangat mudah sekali membedakan pinjol ilegal dengan yang resmi terdaftar di OJK.

Untuk lebih lengkapnya, dibawah ini akan kami jelaskan beberapa ciri pinjol ilegal.

  1. Aplikasi ataupun website yang digunakan oleh Pinjol Ilegal tidak memiliki izin dari OJK. Untuk hal ini Anda dapat mengeceknya melalui website resmi ojk www.ojk.go.id, karena sampai bulan september jumlah pinjol yang terdaftar hanya sekitar 107 entitas, selebihnya adalah ilegal.
  2.  Kebanyakan Pinjol Ilegal menawarkan pinjamannya melalui pesan singkat seperti sms ataupun whatsapp
  3. Pinjol Ilegal memiliki bunga harian yang cukup tinggi, karena perusahaan ini tidak memiliki izin, sehingga bisa memasang bunga seenaknya.
  4. Terdapat biaya tambahan yang cukup tinggi – Jika Anda melihat di sebuah aplikasi pinjaman online terdapat biaya tambahan yang cukup tinggi, bahkan mencapai 40% dari nilai pinjaman, Anda harus mewaspadai bahwa aplikasi tersebut ilegal.
  5. Jangka waktu pembayaran yang singkat – Aplikasi pinjaman online ilegal biasanya memberikan rentang pembayaran waktu yang singkat, seperti 7 – 14 hari.
  6. Aplikasi Pinjol Ilegal dapat mengakses data pribadi – Hal selanjutnya yang dapat di deteksi dari aplikasi pinjol ilegal ini adalah biasanya aplikasi ini meminta perijinan untuk mengakses kontak, gallery, hingga riwayat telepon. Jika Anda ketika menginstall melihat notif seperti itu, maka aplikasi pinjaman itu ilegal.
  7. Melakukan teror dan penyebaran data ketika penagihan – Salah satu cara lain yang biasa dilakukan oleh pinjol ilegal adalah mereka melakukan penagihan dengan cara menteror korban, Jika korban belum membayar utangnya, maka pihak pinjol akan menyebarkan data yang sebelumnya di dapat melalui aplikasi.
  8. Pinjol Ilegal tidak mempunyai kantor resmi dan layanan pengaduan –¬† Hampir semua pinjol ilegal tidak memiliki kantor resmi, biasanya mereka berpindah – pindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mengelabui pihak polisi maupun OJK.

Nah itulah beberapa ciri pinjol yang terindikasi ilegal.

Jika Anda menemukan beberapa ciri diatas pada suatu aplikasi pinjaman online, maka bisa dipastikan bahwa aplikasi itu ilegal.

Semoga dengan ciri – ciri di atas Anda lebih bisa berhati – hati lagi untuk tidak terjebak terhadap pinjaman online.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Halaman ini merupakan informasi tambahan untuk referensi pencarian user

Copyright © 2021

To Top