Financial

OJK Mengimbau Kepada Masyarakat Untuk Tidak Meminjam Ke PINJOL

OJK Mengimbau Kepada Masyarakat Untuk Tidak Meminjam Ke PINJOL – Setelah Ramai berita terkait PINJOL ilegal, sehingga meresahkan masyarakat. Pemerintah dengan sigap memberantas Pinjaman Online yang terindikasi ilegal. Bahkan di bulan ini saja, pemerintah sudah menutup 103 Pinjol Ilegal.

Hal ini dilakukan pemerintah, supaya masyarakat merasa tenang dan tidak tergoda untuk melakukan pinjaman kepada pinjol.

Bahkan dari pihak OJK juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menerima tawaran pinjaman online yang biasa dikirimkan melalui pesan singkat (sms) atau whatsapp. Karena biasanya penawaran tersebut ilegal.

Pihak OJK juga akan menindak dengan tegas para debt collector yang bekerja di perusahaan pinjaman online, jika melakukan penagihan utang dengan tidak beretika bahkan cenderung kasar.

Pada tanggal 20 Agustus 2021, Bapak Wimboh  Santoso yang merupakan Ketua Dewan Komisioner OJK, menyampaikan bahwa beliau akan memberantas PINJOL Ilegal.

Bahkan untuk merealisasikan hal ini, OJK sudah melakukan komitmen bersama Polri, Bank Indonesia, Kemenkop UKM dan Kominfo dalam hal memberantas Pinjol Ilegal di indonesia.

Salah satu tindakan yang dilakukan oleh Instansi ini untuk memberantas pinjol yakni dengan mengedukasi kepada masyarakat untuk lebih berhati – hati ketika melakukan pinjaman online dan menjaga data pribadinya untuk tidak gampang disebarluaskan, dan juga dengan melakukan komunikasi antar otoritas aplikasi dalam hal penyebaran aplikasi pinjaman online ilegal.

Bahkan pihak OJK juga mengatakan, jika terdapat aplikasi Pinjol Ilegal maka akan di proses melalui hukum sesuai dengan aturan yang berlaku saat ini.

Supaya hal ini terealisasi dengan nyata, maka masing – masing instansi akan melakukan tugasnya sesuai yang sudah terkoordinasi di dalam SWI (Satgas Waspada Investasi) dalam hal memberantas Pinjaman Online Ilegal.

Tentu hal ini juga sangat membutuhkan peran masyarakat supaya dapat memutus mata rantai pinjaman online ilegal. Karena jika masyarakat sudah mengetahui akibat dari melakukan pinjaman online Ilegal, maka tidak akan ada lagi yang melakukan pinjaman online ilegal. Hal ini tentu akan membuat Pinjol Ilegal tidak berjalan lagi dan membuat mereka menutup perusahaannya.

Pihak SWI (Satgas Waspada Investasi) dalam hal ini sudah melakukan tindakan nyata dalam memberantas Pinjol Ilegal, seperti memberikan edukasi kepada masyarakat terkait fintect lending yang sudah terdaftar di OJK maupun yang belum. Sehingga masyarakat bisa membedakannya.

Bahkan dari pihak OJK sangat mengapresiasi tindakan – tindakan yang sudah dilakukan oleh SWI (Satgas Waspada Investasi), Seperti melarang aktivitas payment gateway, melakukan pemblokiran terhadap aplikasi pinjol yang terdeteksi ilegal, melakukan aktivitas cyber patrol serta menertibkan koperasi simpan pinjam yang kedapatan melakukan aktivitas pinjaman online.

Hal ini merupakan suatu bukti nyata dan konkrit dari OJK dalam memberantas Pinjol Ilegal.

Untuk menghindari pinjaman online ilegal, Pihak OJK memberikan beberapa tips yang bisa Kita lakukan supaya tidak terjerumus ke pinjol ilegal.

  1. Jika mendapatkan tawaran sms / whatsapp pinjaman online dari pihak pinjol, supaya tidak menghubungi NO tersebut ataupun mengklik link yang sudah disediakannya.
  2. Jangan mudah tergoda dengan tawaran pinjaman online yang diberikan melalui sms / whatsapp.
  3. Hapus dengan segera jika terdapat pesan singkat semacam itu, jika perlu blokir nomornya.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Halaman ini merupakan informasi tambahan untuk referensi pencarian user

Copyright © 2021

To Top